02 03 04
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Selasa, 13 Desember 2011

50 Planet Baru Ditemukan dan Berpenghuni


50 Planet Baru Ditemukan dan Berpenghuni


planet

Dalam tata surya, kita mengenal delapan planet yang mengelilingi matahari, antara lain Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, sedangkan Pluto yang tadinya merupakan planet kesembilan, sudah tidak lagi menjadi "anggota" tatasurya, tetapi dikelompokkan menjadi planet kerdil. Dari ke delapan planet tersebut hanya Bumi yang berpenghuni dan memiliki makhluk hidup (setidaknya hingga saat ini). Beberapa waktu lalu, seorang ahli astronomi Eropa berhasil menemukan 50 planet baru dalam tata surya kita dan 16 diantaranya memiliki ukuran yang hampir sama seperti bumi terletak di konstelasi Vela atau berjarak 36 tahun cahaya. Ukuran planet yang paling besar dinamai planet HD 85512 b yang memiliki massa 3,6 kali massa bumi.

Dari 50 planet baru yang ditemukan, beberapa diantaranya mirip dengan planet Bumi dan para ilmuyan percaya ada jejak air di sana yang merupakan sumber kehidupan. Temuan planet ini dipresentasikan dalam A conference on Extreme Solar Systems di Wyoming, AS. Konferensi dihadiri oleh sekitar 350 pakar dari seluruh dunia. Planet-planet baru ini ditemukan oleh sebuah misi The High Accuracy Radial Velocity Planet Searcher (HARPS), yang diinstal di European Southern Observatory di La Silla Observatory, Chile.
‘Pendeteksian HD 85512 b jauh dari batas HARPS, dan menunjukkan kemungkinan ditemukannya bumi super (super-Earth) lain yang memungkinkan adanya kehidupan di sekitar bintang mirip matahari,” kata astronom University of Geneva, Michel Mayor. Salah satu anggota tim, Lisa Kaltenegger, dari Max Planck Institute for Astronomy dan Harvard Smithsonian Centre for Astrophysics, menyatakan temuan terakhir ini menandai era baru pencarian planet kehidupan. “Kita memasuki pencapaian yang luar biasa dalam sejarah astronomi,” katanya.

Sumber:  http://www.bambosi.com/sains-mistis/50-planet-baru-ditemukan-dan-berpenghuni.php

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Bagaimana komentar Anda?