02 03 04
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Selasa, 27 September 2011

Partikel Neutrino Lebih Cepat dari Cahaya

Partikel Neutrino Lebih Cepat dari Cahaya

Para ilmuwan kemarin menyatakan keheranannya setelah mereka sempat merekam sebuah partikel yang melaju lebih cepat dari kecepatan cahaya. Jika perhitungan mereka benar, mereka nyata-nyata telah menyangkal teori relativitas Albert Einstein yang telah menjadi landasan fisika, teori Einstein menyatakan tidak ada apa pun yang bisa melebihi kecepatan cahaya.
Partikel subatomik yang disebut neutrino yang dipancarkan dari Large Hadron Collider di Swiss menuju laboratorium di Italia (yang jaraknya 454 mil), telah mengalahkan kecepatan cahaya sebesar 60 nanodetik. Ini menimbulkan skenario fiksi ilmiah seperti mengirim informasi ke masa lalu dan mengaburkan batas antara masa lalu dan sekarang.
Saat para ahli di seluruh dunia menyatakan keterkejutannya, fisikawan di CERN bersikeras mereka telah berulang kali menguji temuannya selama enam bulan dan tidak bisa menemukan sesuatu untuk bisa mengubah hasilnya.
Jika mereka benar, partikel neutrino melakukan perjalanan dalam 0,0024 detik, melaju pada kecepatan 299.798.454 meter per detik.
Kecepatan cahaya dalam vakum adalah 299.792.458 meter per detik, yang berarti bahwa neutrino mampu menyelesaikan jarak seperenampuluh miliar detik lebih cepat dari cahaya, para ilmuwan mengatakan hal itu dalam konferensi pers di Jenewa kemarin.
"Kami mencoba untuk menemukan semua kemungkinan penjelasan untuk ini. Kita ingin menemukan kesalahan-kesalahan sepele, kesalahan lebih rumit atau efek buruk," ujar Dr. Antonio Ereditato, pemimpin penelitian ini, seperti dikutip MailOnline, Sabtu (24/9). "Kami menghabiskan waktu berbulan-bulan melakukan pemeriksaan dan kami belum dapat menemukan kesalahannya." jelasnya.

Sumber: http://www.pikiran-rakyat.com/node/159561

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Bagaimana komentar Anda?